Spiritual Creativity

Posted: December 13, 2010 in Uncategorized

Kecerdasan spiritual atau yang biasa dikenal dengan SQ adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif. SQ merupakan fasilitas yang membantu seseorang untuk mengatasi persoalan dan berdamai dengan persoalannya itu. Ciri utama dari SQ ini ditunjukkan dengan kesadaran seseorang untuk menggunakan pengalamannya sebagai bentuk penerapan nilai dan makna. Kecerdasan spiritual yang berkembang dengan baik akan ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, mampu menghadapi penderitaan dan rasa sakit, mampu mengambil pelajaran yang berharga dari suatu kegagalan, mampu mewujudkan hidup sesuai dengan visi dan misi, mampu melihat keterkaitan antara berbagai hal, mandiri, serta pada akhirnya membuat seseorang mengerti akan makna hidupnya.

Jadi kalo bisa saya simpulkan, Spiritual Creativity itu menggunakan aspek Spiritual Quotient, yaitu berkreatifitas dengan menggunakan kecerdasan spiritual, yang mana otak kita dapat menangkap seluruh konteks dan memiliki kemampuan untuk mengaitkan unsur-unsur yang terlibat, juga kemampuan bereaksi terhadap suatu situasi, juga mampu untuk membuat pola dan aturan baru dari konteks tersebut.

IQ atau intelligence quotient, adalah kemampuan seseorang untuk menganalisa, logika , dan rasio seseorang, ini semua berkaitan dengan keterampilan berbicara, dan penguasaan materi dalam beberapa saat. IQ mengukur kecepatan kita dalam menguasai hal-hal baru, mengingat beberapa hal dan lain-lain

 

EQ atau emotional quotient, ini adalah sebuah teori yg mempunyai dua arah yaitu ke diri sendiri dan ke orang lain, ke arah diri sendiri berarti sebuah kesadaran diri atau self awareness, self acceptance and self respect, and the others. Yang satu lagi yang mengarah ke arah orang lain yaitu, understanding other, accepting other, trusting other, and influence other.

 

SQ atau spiritual quotient adalah transendensi atau proses penyebrangan khususnya kearah wilayah spiritual. Hidup ini bukan hanya berarti untuk memperoleh materi saja tetapi harus dihayati dan disambung oleh seruntut amal dan saling membantu manusia lain.

Yang paling penting bukanlah seberapa tinggi IQ kita, seberapa baik EQ kita atau seberapa SQ kita dapat kita kuasai, tetapi adalah keseimbangan yang tercapai jika ketiga hal itu dalam kita miliki secara seimbang, tidak adalah yang berlebihan apalagi sampai melewati batas. karena sesuatu hal yang berlebihan tidak baik dan sesuatu yang seimbang, adalah baik.

Terima Kasih Pak

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s